Selasa, 24 Desember 2013

CARA MENANGANI KELOID

Artikel kali ini yang akan diketengahkan oleh Informasi Pengobatan Herbal, yaitu; "CARA MENANGANI KELOID.

Berikut ini uraian artikel seputar informasi pengobatan herbal dari judul tersebut di atas.

Keloid merupakan jaringan ikat (fibrosa) yang tumbuh berlebihan pada proses penyembuhan luka.

 

Dari beberapa sumber diperoleh keterangan cara penanganan keloid sebagai berikut :

  • Penanganan keloid dapat dengan bedah maupun nonbedah. Penanganan secara bedah  dilakukan dengan pemotongan/insisi luas pada daerah keloid, di mana akan terjadi luka baru. Namun bila seseorang memang memiliki potensi/bakat kuat untuk memiliki keloid, maka tidak akan menjamin pada bekas luka ini tidak akan terjadi keloid kembali.
  • Adapun cara lain adalah dengan penyuntikan obat tepat pada daerah keloid. Penyuntikan ini biasanya harus dilakukan secara bertahap atau berulang kali dengan interval sekitar 1 minggu dan cara ini biasanya menyebabkan nyeri karena penyuntikan dilakukan tepat pada keloid yang jaringannya sangat padat. Mengenai penanganan keloid yang ditawarkan di salon-salon, saya rasa tergantung masing-masing pihak. Sekarang tidak sedikit salon yang diawasi oleh dokter spesialis kulit maupun yang berkompeten di bidang kecantikan/kosmetik, di mana Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu. Ada baiknya Anda mencari informasi lebih rinci mengenai jenis pengobatan apa yang ditawarkan di salon tersebut.

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/index.php/main/praca/account_manger_lokalizacja_poznan?mib=berita.detail&id=97997

 

  • Salah satu terapi yang dapat dilakukan adalah dengan mengangkat jaringan parut secara lengkap. Akan tetapi, risiko keloid pada luka bekas operasinya sangat besar, yaitu sekitar 50%.
  • Dengan pertimbangan tersebut, maka terapi yang paling efektif dilakukan saat ini adalah dengan melakukan penyuntikan steroid potensi tinggi pada keloidnya. Penyuntikan dilakukan secara berkala setiap 2-3 minggu hingga keloid mengecil. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui lebih lanjut mengenai terapi ini.

Sumber : http://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2010/01/04/7428/cara-menghilangkan-keloid

 

  • Cara untuk  menghilangkan keloid / mengobati keloid yang lebih sederhana dibandingkan cara bedah atau laser dengan resiko yang kecil adalah dengan cara disuntik dengan Cortisone langsung di pada keloidnya . Dengan cara ini biasanya terasa sangat sakit waktu disuntiknya maupun sesudahnya tapi bisa diatasi dengan obat anti nyeri.
  • Cara menghilangkan keloid yang paling sederhana dan tidak mengakibatkan rasa sakit adalah dengan cara mengoleskan salep anti keloid. Tapi pengobatan dengan salep ini untuk orang yang mempunyai genetik keloid yang kuat sangat tidak efektif.
  • Cara lain untuk menghilangkan keloid yang sederhana dan jauh lebih efektif adalah dengan cara ditekan dengan menggunakan silokon gel yang bentuknya seperti salonpas berbentuk lembaran bening.

Sumber : http://menghilangkan-keloid.blogspot.com/

 

  • Ada beberapa cara untuk menghilangkan keloid, antara lain menghilangkan keloid melalui tindakan pembedahan. Namun demikian, seringkali keloid timbul berulang, terutama pada daerah yang selalu bergerak seperti keloid pada daerah dada dan daerah yang dekat dengan persendian, misalnya lengan atas.
  • Cara lain adalah dengan aplikasi cream. Kekurangan cara ini adalah waktu yang terlalu lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Keloid juga dapat dihilangkan dengan pemberian injeksi kortikosteroid berkala sampai keloid benar-benar tipis, didukung dengan pressure silicon sheet dan bandage yang akan membantu mencegah timbulnya keloid kembali.

Sumber : http://www.detikhealth.com/read/2011/08/03/111923/1695380/793/bagaimana-cara-menghilangkan-keloid

 

Terkait Herbal. Kami belum memperoleh sumber yang akurat yang dapat  dipakai sebagai rujukan. Namun di pasaran memang sdh beredar obat herbal yang konon berkhasiat mengobati keloid. Silahkan anda check informasinya si beberapa situs.

 

TOA, dari beberapa sumber. Agustus '11.



Demikianlah, CARA MENANGANI KELOID - mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan tentang pengobatan herbal.
Penulis: Tanaman Obat Alternatif

---
Sumber artikel: /notes/tanaman-obat-alternatif/cara-menangani-keloid/10150287148194520

Artikel Menarik lainnya: Pengobatan Osteoporosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar