Jumat, 27 Desember 2013

Akar alang-alang obati radang ginjal

Artikel kali ini yang akan diketengahkan oleh Informasi Pengobatan Herbal, yaitu; "Akar alang-alang obati radang ginjal.

Berikut ini uraian artikel seputar informasi pengobatan herbal dari judul tersebut di atas.

Jika melihat alang-alang, orang akan memandangnya sebagai tumbuhan liar biasa saja. Tumbuhan bernama latin Imperata cilindrika L malah sering dianggap sebagai gulma (tanaman penganggu). Anggapan ini sebenarnya kurang tepat, sebab ilalang hanya tumbuh di tempat yang tak ditumbuhi tanaman lain.

 

Lahan yang berpotensi ditumbuhi ilalang hanyalah lahan terbuka dan tidak diolah. Hampir tak pernah dijumpai ilalang di atas lahan yang ditumbuhi vegetasi lain, yang menutup permukaan tanah dari sinar matahari hingga 70 persen.

 

Masyarakat yang risih dengan ilalang biasanya membakar tanaman dan rerimbunan lain, atau membabatnya habis. Tetapi jika akarnya masih tertancap kuat di dalam tanah, upaya ini sebenarnya sia-sia. Ia akan tumbuh lagi dan meninggi.

 

Alang-alang, menurut Profesor Hembing, ahli pengobatan tradisional dan akupunktur, berkhasiat sebagai obat untuk berbagai gangguan kesehatan, seperti: batu ginjal, infeksi ginjal, kencing batu, batu empedu, buang air kecil tidak lancar atau terus-menerus, air kemih mengandung darah, prostat, keputihan, batuk rejan, batuk darah, mimisan, pendarahan pada wanita, demam, campak, radang hati, hepatitis, tekanan darah tinggi, urat saraf melemah, asma, radang paru-paru, jantung koroner, gangguan pencernaan, diare, dll.

 

Saat ini, alang-alang sudah sering diteliti secara ilmiah. Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya,Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Hepatitis, menyebutkan bahwa di luar negeri alang-alang sudah dibuat obat paten.

 

Lihat artikel selengkapnya di sehatherba.com > http://sehatherba.com/artikel-tanaman-obat/akar-alang-alang-obati-radang-ginjal.html#popular

 

 

 

 

 




Demikianlah, Akar alang-alang obati radang ginjal - mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan tentang pengobatan herbal.
Penulis: Tanaman Obat Alternatif

---
Sumber artikel: /notes/tanaman-obat-alternatif/akar-alang-alang-obati-radang-ginjal/467625854519

Artikel Menarik lainnya: Pengobatan Osteoporosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar