Rabu, 11 Desember 2013

Cantik Dengan Kulit Kepala dan Rambut Yang Sehat

Cantik Dengan Kulit Kepala dan Rambut Yang Sehat
Berikut uraian dari pembahasan judul di atas.

Mungkin beberapa di antara Sahabat Natur E lebih suka memperhatikan rambut dari pada kulit kepalanya, tapi ternyata kesehatan kulit kepala mewakili kesehatan rambut dimana jika kulit kepala sehat maka rambut pun ikut sehat. Nah, berikut beberapa tips agar kulit kepala dan rambutmu tetap sehat:

1.   Biasakan kulit kepala dan rambut dibersihkan dua kali sehari, setiap dibersihkan dipijat selama 5-10 menit karena hal ini dapat melancarkan peredaran darah dikepala. Atau kamu bisa lakukan senam yang mengutamakan kekuatan jantung seperti aerobik dan joging. Kegiatan ini akan memacu jantung untuk memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh sehingga nutrisi hingga ke daerah akar rambut lebih cepat.

2.   Selalu gunakan pelindung kepala jika berada diluar ruangan, karena matahari langsung dapat merusak kulit kepala.

3.   Rambut yang tertutup akan membuat minyak dan kotoran menumpuk pada akar rambut sehingga kulit tidak bisa bernapas. Hal ini akan membuat pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Agar pertumbuhan rambut berjalan baik maka kamu harus menjaga kulit kepala selalu bersih. Jika kamu sering berkeringat atau rambut kamu berminyak maka tidak ada salahnya untuk melakukan keramas setiap hari dengan menggunakan shampo yang sangat lembut sesuai jenis rambut kamu.

4.   Jagalah kebersihan perangkat rias rambut terutama sisir karena bila kotor maka kotorannya akan menumpuk pada rambut dan kulit kepala setiap kali kamu menyisirnya.

5.   Biasanya ujung-ujung rambut yang rusak akan merambat ke batang rambut dan menyebabkan batang rambut ikut rusak jika tidak dirawat. Sehingga secara keseluruhan rambut dapat menjadi lebih cepat rusak termasuk rambut baru yang tumbuh. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya potong rambut kamu setiap 8 hingga 10 minggu sekali dan cobalah kamu trim ujung-ujung rambut kamu.

6.   Apabila kamu sering menggunakan hairdryer, catok dan alat penata rambut lainnya sebaiknya kamu oleskan kondisioner dan serum setelah kamu melakukan keramas. Hal ini berfungsi untuk melindungi rambut dari suhu tinggi. Lakukan juga perawatan rambut dengan memasker rambut seminggu sekali agar rambut kamu lebih sehat. Sebaiknya kamu juga jangan terlalu sering mengikat rambut ke belakang karena akan memudahkan rambut menjadi patah.

7.   Pola makan bergizi juga penting untuk menjamin pemenuhan gizi tepat untuk kesehatan rambut. Beberapa zat gizi yang penting diperhatikan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, antara lain adalah protein, vitamin A, vitamin B kompleks (vitamin B2, vitamin B6, Vitamin B12, biotin, asam folat), zink, zat besi, copper, iodine, dan inositol.

9.   Aneka vitamin dapat membantu menjaga kesuburan rambut, seperti halnya vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, vitamin B kompleks untuk melancarkan produksi minyak guna menjaga kesehatan dan kelembaban rambut, serta vitamin B kompleks yang konon mampu menghambat pertumbuhan uban.

10.  Perbanyak juga konsumsi air putih minimal 2 liter per hari untuk membantu proses penundaan kerusakan rambut.

11. Rutin menggunakan makser rambut seminggu seklai juga akan membantu rambut menjadi lebih sehat. 

  • Jika ujung rambut kamu rapuh dan bercabang, cobalah perawatan yang dapat menguatkan ujung rambut. Blender halus setengah pisang dengan 200 ml air, kemudian tambahkan ¼ cangkir mayones, 1 sendok makan masing-masing kelapa, minyak zaitun dan jojoba, juga 2 sendok makan madu. Lalu oleskan ke rambut dari akar sampai ujung rambut. 
  • Untuk rambut yang kering, kandungan protein tinggi yang terdapat pada telur dapat melembapkannya. Kocok 1 butir telur dengan 1 sendok makan minyak kelapa, olive oil dan madu, serta air sebanyak 200 ml. Tambahkan ½ pisang yang sudah dihaluskan, lalu aduk sampai halus. Oleskan pada rambut selama 15 menit, lalu cucilah rambut seperti biasa.
  • Agar rambut menjadi lebih halus, maka rambut harus diberi vitamin E. Vitamin E yang terdapat pada buah alpukat sangat bagus untuk rambut. Campurkan ½ buah alpukat dengan 1 butir telur, 1 sendok makan masing-masing minyak zaitun, minyak kelapa, dan madu bersama dengan 100 ml air. Pijat dengan lembut ke kepala , dan bilas setelah 20 menit.
  • Madu dan mayones bila digabungkan akan menghasilkan obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan rambut kering dan dapat membuat rambut berkilau dalam sekejap. Campur ½ buah alpukat matang dengan ¼ cangkir mayones, 1 sendok makan masing-masing minyak kelapa, minyak zaitun dan madu, lalu 200 ml air. Oleskan masker ini ke kulit kepala, kemudian pijat dengan lembut.
  • Campur ½ cangkir mayones, 1 butir telur dan 2 sendok makan madu ke dalam 100 ml air, lalu oleskan campuran masker ini pada rambut 1-2 kali seminggu untuk menjaga tiap helai rambut dalam keadaan prima. Setelah didiamkan selama 15 menit, cuci rambut seperti biasanya.

Follow Twitter Natur E di @mybeautyjourney :)

 

 



Penulis: Natur-E Journey to Beauty
---
/notes/natur-e-journey-to-beauty/cantik-dengan-kulit-kepala-dan-rambut-yang-sehat/10150121981881093

Tidak ada komentar:

Posting Komentar