Minggu, 12 Januari 2014

BROKOLI DAN MANFAATNYA

Artikel kali ini yang akan diketengahkan oleh Informasi Pengobatan Herbal, yaitu; "BROKOLI DAN MANFAATNYA.

Berikut ini uraian artikel seputar informasi pengobatan herbal dari judul tersebut di atas.

Brokoli tergolong ke dalam keluarga kubis kubisan dan termasuk sayuran tidak tahan terhadap udara panas. Brokoli hanya cocok ditanam di dataran tinggi dengan suhu rendah, yaitu di atas 700 m dpl. Sayuran ini juga tidak tahan terhadap hujan yang terus-menerus. Karena akan menjadikan  brokoli menjadi kekuning-kuningan serta membusuk dengan warnanya berbintik-bintik hitam. Daun dan sifat pertumbuhan brokoli mirip dengan bunga kubis. Bedanya bunga brikoli berwarna hijau dan pertumbuhanya lebih lama dibandingkan bunga kubis. Brokoli tersusun dari bunga-bunga kecil yang berwarna hijau, Demikian pula dengan tangkai bunganya yang lebih panjang. Dibandingkan dengan bunga kubis , setelah direbus tekstur  brokoli  akan terasa lebih lunak.

Panen bunga brokoli dilakukan setelah umurnya mencapai  60-90 hari sejak ditanam, sebelum bunganya mekar dan sewaktu kropnya masih berwarna hijau. Jika bunganya terlalu mekar, tangkai bunganya akan memanjang dan keluarlah kuntum-kuntum bunga berwarna kuning. Untuk dikonsumsi perlu dimasak selama beberapa menit saja. Pemasakan yang terlalu lama akan mengurangi khasiat brokoli.

 

Spesifikasi Brokoli :

  • Brokoli dapat diperbanyak dengan biji.
  • Kandungan Kimia : Brokoli mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kaslsium, zat besi, Vitamin A, C, E, tiamin, riboflavin, nikotinamide, kalsium, beta karoten dan glutation, Selain itu brokoli mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.
  • Kandungan zat, yaitu sulforafan yang dapat mencegah penyakit kanker. 
  • Bagian yang digunakan adalah Bunganya

 

Manfaat

Brokoli memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, mempercepat penyembuhan setelah sakit berat dan mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker, seperti  kanker kolon, kanker prostat, kanker paru dan kanker perut. Zat terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan seratnya bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan ganguan pencernaan lainnya

 

 

Meningkatkan daya kerja otak

Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

 

Mengatur tingkat gula darah

Kandungan chromium di dalam brokoli dapat mengatur tingkat gula darah sehingga brokoli sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

 

Menetralkan zat penyebab kanker

Sulforaphan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Diketahui juga bahwa zat bekarotin di dalambrokoli mampu mencegah kanker usus besar dan payudara.

 

Cara Pemakaian

Brokoli dimakan sebagai sayuran rebus atau dimasak dengan sayuran lain dengan porsi cukup.

 

Contoh Pemakaian : Mempercepat penyembuhan penyakit. Sediakan brokoli segar ukuran sedang, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya cuci dan rebus sebentar. Harus diperhatikan bahwa perebusan yang terlalu lama akan merusak zat berkhasiatnya. Setelah direbus, brokoli dapat dikonsumsi bersama nasi.

 

 

 

TOA, dari beberapa sumber :

 

Atlas Tumbuhan Obat Ind./ Dr. Setiawan Dalimartha/hd

http://www.sendokgarpu.com/tips/brok...a-manfaat/463/

http://budiboga.blogspot.com/2006/11...u-manfaat.html

http://www.indonesiaindonesia.com/f/...a-var-italica/

 

Artikel terkait :

Manfaat dan kandungan Sayuran Brokoli  : http://www.anneahira.com/kandungan-sayuran.htm

 



Demikianlah, BROKOLI DAN MANFAATNYA - mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan tentang pengobatan herbal.
Penulis: Tanaman Obat Alternatif

---
Sumber artikel: /notes/tanaman-obat-alternatif/brokoli-dan-manfaatnya/10150133407164520

Artikel Menarik lainnya: Pengobatan Osteoporosis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar