Selasa, 25 Februari 2014

Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Kulit

Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Kulit
Berikut uraian dari pembahasan judul di atas.

Kulit merupakan salah satu indikator kesehatan tubuh yang penting. Kulit yang kering, jerawat, keriput dan terkena infeksi bisa menjadi bukti dari kesehatan tubuh yang kurang baik dan biasanya terjadi akibat kurangnya nutrisi dan konsumsi makanan yang tidak sehat.


Untuk mengatasi masalah pada kulit biasanya kita menggunakan produk-produk perawatan kulit berbentuk krim, losion, sabun, scrub, toner, dll. Padahal menggunakan produk perawatan kulit semahal apapun hasilnya tetap tidak efektif apabila permasalahan utamanya yaitu nutrisi tubuh secara keseluruhan yang kurang baik, tidak diatasi juga. Jika kesehatan tubuh secara keseluruhan baik maka nutrisi untuk kulit pun akan baik. Konsumsi vitamin yang cukup akan melindungi kulit dari penuaan dini dan berbagai penyakit.


 


Berikut ini merupakan beberapa vitamin yang penting untuk kesehatan kulit:


 


1. Vitamin A


    Vitamin A berperan dalam proses penyehatan kulit yaitu dengan mendukung perkembangan dan regenerasi sel-sel kulit. Kekurangan vitamin A menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Tubuh kita biasanya cukup mendapatkan vitamin A dari makanan sehari-hari seperti wortel, bayam, mangga, susu dan kuning telur sehingga pada kondisi normal kita tidak membutuhkan suplemen vitamin A.


     


    2.  Vitamin B


      Vitamin B6 dan B12 berperan penting dalam kesehatan kulit dan rambut. Suplemen vitamin B6 banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, dermatitis seboroik, psoriasis, jerawat dan rambut rontok. Riset baru menunjukkan bahwa penambahan Vitamin B5 (asam pantotenik) dan B3 (niasin) dalam produk perawatan kulit juga membantu melembabkan dan mempercantik kulit. Pisang, brokoli, jamur, kedelai, ikan, ayam, dan daging adalah makanan yang kaya vitamin B.


       


      3. Vitamin C


        Dengan mendapat vitamin C melalui makanan bisa membantu mencerahkan, mengencangkan kulit dan mencegah kerutan. Karena vitamin C mempunyai efek stimulasi terhadap pembentukan kolagen, sebuah protein yang membentuk struktur dasar dari kulit. Selain itu, antioksidan yang dikandung dalam vitamin C bisa menetralisir radikal bebas yang merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Sumber vitamin C yaitu jeruk, pepaya, stroberi,  kiwi, brokoli, kembang kol, kubis, dan paprika merah.


         


        4. Vitamin E


          Sebagai sumber antioksidan yang baik, vitamin E akan melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini dan terjadinya kanker. Vitamin E juga dapat menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tetap segar dan mencegah timbulnya keriput. Berikut merupakan bahan makanan yang mengandung vitamin E: susu, mentega, telur, minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, kacang-kacangan, asparagus, biji bunga matahari, pisang, stoberi dan sayuran berwarna hijau.


           


           




          Penulis: Mycoral
          ---
          /notes/mycoral/manfaat-vitamin-bagi-kesehatan-kulit/480409508666561

          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar