Selasa, 18 Februari 2014

Infeksi Jamur Pada Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Infeksi Jamur Pada Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh
Berikut uraian dari pembahasan judul di atas.

Dalam keadaan normal, sedikit sekali spesies jamur yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia.  Secara umum jamur adalah organisme yang hidup bebas di mana-mana dan apabila terjadi infeksi oleh jamur pada seseorang yang sehat, biasanya berasal dari lingkungannya dan masuk ke dalam tubuh lewat pernapasan, tertelan, ataupun secara langsung kontak dengan kulit. Dari sekitar 50.000-200.000 spesies jamur yang telah diketahui, hanya kurang dari 200 jenis jamur saja yang tercatat dapat menimbulkan penyakit pada manusia. Pada beberapa kondisi dimana kekebalan tubuh menurun, jamur yang normalnya hidup dalam tubuh pertumbuhannya menjadi berlebihan dan menyebabkan infeksi.


 


Beberapa kondisi dimana terdapat gangguan sistem kekebalan tubuh:


 


Kanker


    kanker dan kemoterapinya secara langsung dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko terjadinya infeksi bakteri maupun jamur.


     


    Diabetes


      Diabetes yang tidak terkontrol mengganggu sel darah putih yang berfungsi untuk pertahanan tubuh. Hal ini menyebabkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan jamur menjadi menurun, dan penderita menjadi lebih rentan terhadap infeksi.


       


      AIDS


        Infeksi virus HIV merusak sistem kekebalan tubuh sehingga sekitar 90% penderita AIDS setidaknya sekali mengalami infeksi jamur selama perjalanan penyakitnya yang berkisar dari ringan sampai berat.  Selain itu infeksi jamur lebih luas, seringkali berulang serta kurang berespon terhadap pengobatan.


         


        Transplantasi Organ


          Penerima transplantasi organ akan diberi obat-obatan yang membantu menekan sistem kekebalan tubuh mereka sehingga tubuh tidak menolak organ baru yang dianggap sebagai benda asing dari luar tubuh sehingga pada saat berlangsungnya transplantasi dan selama pemulihan, yang cukup berat dan lama.


           


          Penggunaan antibiotik berspektrum luas atau jangka panjang


            Antibiotik selain dapat membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit juga dapat membunuh “bakteri baik”, yaitu bakteri yang normal terdapat dalam tubuh manusia dan yang membantu menjaga pertumbuhan jamur tetap terkendali. Infeksi jamur sering muncul saat meminum antibiotik karena keseimbangan antara ”bakteri baik” dan jamur terganggu, yang memungkinkan jamur untuk tumbuh terlalu cepat.


             


            Penggunaan kortikosteroid jangka panjang


              Obat kortikosteroid jika dimnum jangka panjang akan menyebabkan gangguan pada kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Kortikosteroid oles juga berpengaruh terhadap sistem imun. Pengaruh tersebut berupa atrofi kulit sehingga kulit tampak tipis,mengkilat dan keriput.Hal ini dapat memperberat dan mempermudah terjadinya infeksi jamur oleh karena terjadi gangguan mekanisme pertahanan kulit.


               


              Status gizi yang buruk


               


              Gizi yang baik penting untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, karena telah diketahui bahwa gizi buruk menyebabkan penurunan fungsi sel-sel yang berperan dalam pertahanan tubuh terhadap infeksi jamur,bakteri, dll.




                Penulis: Mycoral
                ---
                /notes/mycoral/infeksi-jamur-pada-gangguan-sistem-kekebalan-tubuh/489455951095250

                Tidak ada komentar:

                Posting Komentar