Sabtu, 22 Februari 2014

Kelebihan Vitamin, Berbahaya?

Kelebihan Vitamin, Berbahaya?
Berikut uraian dari pembahasan judul di atas.

Moms, masih banyak 'Artikel' menarik Mom's Today lainnya. Dapatkan via MOM yang bisa diunduh dari BlackBerry www.mom-id.com/3

 

Untuk menjaga kesehatan meminum vitamin adalah keharusan, tapi ingat jangan berlebihan.

Sebab menurut Madelyn Fernstrom dari Today's Health and Nutrition hal itu dapat memperburuk kesehatan.

Madelyn memberi contoh sepertu konsumsi kalsium, dosis harian yang dibutuhkan adalah 1000 miligram dengan batas maksimal 2000- 2500 miligram.

 

Kadangkala karena takut kekurangan zat yang mendukung tulang tersebut, orang meminum pil kalsium. Padahal kalsium sendiri bisa didapat pada susu, jeruk, brokoli atau tahu. Asupan yang berlebih membuatnya sembelit, mudah marah, juga cepat lelah, dan yang paling parah adalah terkena batu ginjal.

 

Sementara itu hal yang sama juga terjadi jika kelebihan vitamin D. Vitamin tersebut hanya disarankan 600 sampai 800 unit sehari. Tidak usah heran ketika terjadi nyeri otot dan sendi, sembelut juga mood swing gara-gara konsumsinya kebanyakan.

 

Namun, hal tersebut dibantah oleh Ahli diet dan gizi dari Beth Israel Medical Center Megan Fendt. Ia mengatakan bahwa bahaya nyatanya kelebihan vitamin hingga kini belum ada. Jika sampai berlebih maka bisa hilang dan larut sendiri dalam air.

 

"Tubuh dapat membersihkan diri dari setiap kelebihan jumlah vitamin dan ini sebenarnya perlindungan tubuh terhadap racun, tapi perlu diperhatikan kalau semakin banyak vitamin yang Anda ambil maka semakin sedikit tubuh Anda dapat menyerap" kata Megan Fendt

 

Ia melanjutkan bahwa tidak semua orang membutuhkan vitamin kecuali wanita hamil, berusaha hamil, darah rendah dan orang yang sudah pasti kurang vitamin. Pasalnya, orang sehat namun minum vitamin sama saja dengan membuang-buang uang karena tidak ada yang bisa diserap tubuh.

(berbagaisumber/foto;istimewa,iclipart.com/oca)

 

Click "Likes" if you like this article and tell us what do you think (^_^)



Penulis: MOM (Mothers On Mobile)
---
/notes/mom-mothers-on-mobile/kelebihan-vitamin-berbahaya/199618623420972

Tidak ada komentar:

Posting Komentar