Senin, 03 Maret 2014

Tips Mengatasi Kulit Kusam

Tips Mengatasi Kulit Kusam
Berikut uraian dari pembahasan judul di atas.

Jika Anda mulai memperhatikan kulit Anda terlihat kering, kusam, kasar dan tidak bercahaya, berarti sudah saatnya Anda lebih aktif membantu proses regenerasi kulit. Kulit yang sehat akan mengganti sel-sel yang baru setiap 14-28 hari. Seiring dengan pertambahan umur ditambah gaya hidup yang tak bersahabat bagi kulit, seperti: terus-menerus berada di ruangan ber-AC, mengonsumsi alkohol, merokok, dan sering lembur atau begadang, membuat regenerasi sel kulit tidak optimal. Proses pelambatan  itu terjadi mulai usia 30 tahun. Bila sel kulit mati tidak dibuang, warna kulit menjadi lebih gelap, kusam, kering, kasar dan bahkan bisa pecah-pecah.  Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini untuk membantu proses pembaharuan sel-sel kulit sehingga kulit lebih sehat, kelembaban terjaga dengan baik dan terlihat lebih cerah.


 


    1. Batasi waktu mandi


      Jangan mandi terlalu lama apalagi jika menggunakan air hangat, karena akan merusak kelelembaban kulit dan menyebabkan kulit kering. Sebaiknya waktu mandi tidak lebih dari 10 menit. Selain itu gunakan sabun mandi yang mengandung pelembab tinggi dan untuk kulit sensitif disarankan menggunakan sabun cair karena sabun padat lebih bersifat abrasif terhadap kulit.


       


         2. Lakukan scrubbing secara teratur


          Selain bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori kulit, sekaligus  membukanya, scrubbing juga dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit. Dengan bersihnya permukaan kulit dari sel kulit mati, maka krim pelembab kulit yang Anda gunakan juga bisa meresap dengan lebih efektif. Perawatan dengan scrub sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali, sesuai dengan pergantian kulit yang berlangsung setiap 14 sampai 21 hari sekali dan juga sesuai kondisi kulit. Jangan dilakukan terlalu sering karena dapat menimbulkan iritasi kulit dan kulit kering.


           


            3. Minum air putih yang cukup


              Banyak orang menghabiskan banyak uang untuk membuat kulit bersinar dan sehat, tapi ada yang dilupakan bahwa minum air putih yang cukup bisa membuat kulit jadi sehat. Hal ini karena air dapat membantu mengeluarkan racun dan menjaga kulit terlihat segar serta sehat setiap hari. Secara umum dianjurkan untuk minum air putih 2 L/Hari.


               


                4. Cukup tidur


                  Tidur yang cukup antara 6-8 jam per hari dapat membuat kulit menjadi sehat. Selama tidur, sel pada tubuh diperbarui, termasuk sel kulit akan mengalami regenerasi. Kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata.Tidur yang cukup dapat membuat kulit terihat segar.


                   


                    5. Konsumsi suplemen omega


                      Asam lemak Omega-3 merupakan komponen yang memainkan peran sangat penting dalam mengatasi  peradangan, menjaga kelembaban dan meningkatkan elastisitas kulit serta dapat mengurangi keriput di wajah.


                       


                        6. Gunakan pelembab


                          Terutama bagi kulit kering pelembab sangat diperlukan untuk menjaga kulit tetap lembab dan tidak kusam. Gunakan setelah mandi saat kulit masih lembab sehingga penyerapan lebih baik.


                           


                            7. Atasi Stress


                              Stress dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon kortisol yang dalam jumlah banyak dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi rapuh dan regenerasi sel-sel kulit menjadi lambat. Dampaknya kulit akan tampak kusam, kering, sensitif, berjerawat dan mudah timbul kerutan. Coba atasi stress dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat anda rileks dan bahagia. Jika pikiran mulai tenang regenerasi kulit pun akan berlangsung normal kembali.


                               


                               




                              Penulis: Mycoral
                              ---
                              /notes/mycoral/tips-mengatasi-kulit-kusam/499355743438604

                              Tidak ada komentar:

                              Posting Komentar