Minggu, 27 April 2014

Kulit Sehat Seperti Apa Sih?

Kulit Sehat Seperti Apa Sih?
Berikut uraian dari pembahasan judul di atas.

Mungkin banyak orang bertanya “Apakah kulit yang cantik itu selalu putih?” atau “Sebenarnya kulit yang sehat itu seperti apa sih?”


Kulit cantik itu adalah kulit yang sehat. Di mana kulit terjaga kondisi kelembabannya. 70% tubuh manusia adalah air, memang banyak kelihatannya, namun siklus air di dalam tubuh kita berjalan cepat. Ketika kita beraktivitas, kandungan air di dalam tubuh akan cenderung berkurang. Untuk itu kamu harus minum minimal 8 gelas setiap harinya. Dan ternyata itu tidak cukup, karena kulit, rambut, dan beberapa bagian tubuh lain masih merasa kekurangan air. Ketika kandungan air semakin kurang akan muncul beberapa dampak pada kulit kamu, misalnya kulit menjadi kering, kusam, dan kasar.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kulit yang sehat:


Kurangi stress. Terus menerus tegang dan cemas berakibat buruk untuk kulit wajah. Stres dapat meninggalkan radikal-radikal bebas yang sangat berbahaya, penyebab utama penuaan dini dan memperburuk beberapa kondisi kulit seperti jerawat, ruam, eksim, dan psioriasis. Ketegangan emosional dapat menyebabkan dahi menjadi berkerut, bibir selalu cemberut atau ketegangan umum di wajah. Kontraksi otot yang terus menerus seperti ini akhirnya menyebabkan garis-garis dan kerut permanen. Lakukan langkah-langkah peredaan stres dengan melakukan meditasi, jalan kaki, tertawa, latihan pernapasan dalam, dll. 


Tidur cukup. Kurang tidur membuat otot-otot menjadi lelah, akibatnya kulit menjadi kendur. Lelah juga membuat tekanan darah dan denyut jantung menjadi turun sehingga aliran darah ke wajah berkurang, menjadikan kulit tampak pucat. Untuk mencegah hal ini, tidurlah yang cukup! 


Olahraga secara teratur. Dengan berolah raga, dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu mengeluarkan racun sehingga lebih banyak nutrisi yang dibawa ke kulit dan lebih banyak sampah yang terbuang. Olahraga yang lebih berat yang dapat membuat tubuh berkeringat, dapat membersihkan pori sehingga kulit menjadi tampak sehat berkilau. Ketika secara fisik kamu sehat, kamu akan merefleksikan dalam kulit yang sehat pula.


Berhenti merokok. Merokok membuat sel-sel kulit tidak mendapatkan oksigen dan nutrien yang adekuat dan memperpanjang waktu penyembuhan luka. Dan pada para perokok yang melakukan kebiasaan merokok selama bertahun-tahun akan muncul garis-garis halus disekitar mulut yang tampak kentara. Untuk mencegahnya, berhentilah merokok! 


Konsumsi makanan sehat. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa kulit terdiri dari protein. Sehingga penting untuk kamu makan makanan cukup protein untuk membantu kulit kamu memperbaiki kerusakan kulit secara teratur. Kamu dianjurkan untuk makan ikan beberapa kali seminggu begitu juga buah-buahan dan sayuran yang mengandung phytochemical dan antioksidan yang dapat menetralisir kerusakan sel kulit. Cobalan makan sayuran seperti bayam dan brokoli dan buah-buahan seperti jeruk. Hindari gula dan segala sesuatu yang dengan cepat diubah menjadi gula seperti roti, pasta, nasi, dan kentang karena makanan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan kadar gula darah naik dan mendorong tubuh mengeluarkan insulin yang menyebabkan inflamasi dan masalah-masalah kulit.


Cegah kerusakan sinar matahari. Yang paling penting dari semua perawatan kulit adalah menghindari sinar matahari. Terlalu banyak terkena sinar matahari dapat merusak kolagen kulit yaitu jaringan pendukung yang membuat kulit menjadi kencang, menjadi kendur dan berkerut. Untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, oleskan sunscreen setiap hari.


Perawatan rutin. Lakukan perawatan rutin seperti scrubing untuk menghilangkan sel kulit mati penyebab kusam dna noda hitam. Scrubing ini dapat kamu lakukan 2-3 kali seminggu menggunakan bahan alami gula + lemon atau bisa juga membeli langsung produk scrubing di toko kosmetik. Setelah itu gunakan masker sesuai jenis kulit kamu seperti bila berminyak dapat menggunakan jeruk lemon, kering menggunakan alpukat atau normal menggunakan madu.


Konsumsi vitamin. Vitamin E terkenal baik untuk kulit karena akan meningkatkan regenerasi kulit sehingga kulit segar, halus, dan awet muda. Selain itu akan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dikonsumsi bersama vitamin C akan membuat hasilnya lebih baik.


Follow Twitter Natur E di @mybeautyjourney :)




Penulis: Natur-E Journey to Beauty
---
/notes/natur-e-journey-to-beauty/kulit-sehat-seperti-apa-sih/10150152769966093

Tidak ada komentar:

Posting Komentar